DAILY FREE SPIN

DAILY FREE SPIN

Apa Itu Hormonal Belly, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

BERITA TERBARU HARI INI – Apa Itu Hormonal Belly, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya. Adanya media sosial, seringkali membuat kita lebih banyak menemukan informasi terkait kesehatan yang mungkin belum pernah didengar sebelumnya. Sebut saja informasi tentang cortisol face yang sempat ramai diperbincangkan.

Meskipun bisa jadi ada beberapa kesalahan informasi yang tersebar secara daring, menurut para ahli, salah satu istilah ini adalah fenomena yang sangat nyata, dan mungkin bertanggung jawab atas sejumlah besar masalah kesehatan, khususnya kesehatan wanita yang lebih serius. Termasuk masalah metabolisme dan stres kronis.

Melansir dari Pop Sugar, Rabu (28/8/2024), salah satunya mengenai hormonal belly. Apakah Anda pernah mendengar kondisi ini sebelumnya?

Sebelum kita membahasnya lebih lanjut, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang lemak. Meskipun ini tidak berlaku untuk semua orang, lemak dapat terakumulasi seiring waktu saat metabolisme Anda mulai melambat.

Lemak juga dapat menumpuk karena faktor gaya hidup seperti pola makan dan kurang olahraga. Nah, salah satu penyebab perut kembung dan lemak perut yang kurang dikenal adalah perubahan hormonal, yang mengakibatkan apa yang sekarang disebut orang sebagai “hormonal belly.

Apa Itu Hormonal Belly?

Menurut Rocio Salas-Whalen, lemak perut paling sering dikaitkan dengan visceral fat, yang berarti lemak yang menempel pada hati, pankreas, dan organ dalam lainnya.

“Lemak ini bukan sekedar sesuatu yang bisa dicubit dengan jari, tapi juga sesuatu yang menumpuk di bawahnya,” jelasnya.

Sebagai catatan, tidak semua lemak perut disebabkan oleh hormon — riwayat keluarga Anda juga dapat menyebabkan Anda rentan terhadap lemak perut atau masalah metabolisme, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Current Diabetes Reports.

Berbicara tentang hormonal belly, Jaime Knopman, mengatakan bahwa wanita bisa sangat sensitif terhadap perubahan hormon seperti estrogen dan progesteron, yang keduanya memengaruhi cara tubuh membakar dan menyimpan lemak.

“Wanita juga cenderung menyimpan lemak di perut bagian bawah,” kata Knopman.

“Selain itu, ketika hormon stres kortisol meningkat secara kronis (karena faktor-faktor seperti tidur atau stres), hal itu dapat menyebabkan lebih banyak lemak perut atau visceral,” kata Dr. Salas-Whalen — meskipun ini biasanya berkontribusi pada kenaikan berat badan secara keseluruhan, bukan hanya hormonal belly.

Dengan mengingat hal itu, bagaimana Anda tahu jika perut Anda sebenarnya disebabkan oleh hormon?

Jika Anda mengonsumsi makanan yang seimbang dan berolahraga, tetapi masih mengalami kenaikan berat badan di perut bagian bawah, itu mungkin merupakan tanda bahwa Anda harus menghubungi dokter, kata kedua ahli endokrinologi tersebut.

Baca terus untuk mengetahui lebih dalam tentang hormonal belly dan apa yang harus dilakukan terhadapnya, termasuk potensi kondisi yang mendasarinya, seperti PCOS dan sindrom metabolik.

Beberapa Penyebab Hormonal Belly

Apa Itu Hormonal Belly, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas