DAILY FREE SPIN

DAILY FREE SPIN

Data Terkini Jemaah Haji Indonesia 2024 Meninggal di Tanah Suci

Data Terkini Jemaah Haji Indonesia 2024 Meninggal di Tanah Suci

BERITA TERBARU HARI INI – Data Terkini Jemaah Haji Indonesia 2024 Meninggal di Tanah Suci. Jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci kembali bertambah. Hingga hari ke-16 operasional haji 1445 H atau Senin, (27/5/2024), jumlah jemaah haji yang wafat berjumlah menjadi 22 orang.

Angka ini berdasarkan data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Kementerian Agama (Kemenag) yang dikutip pada Selasa (28/5/2024) pukul 20.50 WIB.

Adapun 22 jemaah haji Indonesia tersebut meninggal dunia saat berada di tiga kota, yakni Madinah, Jeddah, dan Makkah.

Kasus kematian ini masih didominasi jemaah haji lanjut usia (lansia). Seluruh jemaah haji yang meninggal juga termasuk dalam kategori kesehatan risiko tinggi (risti).

Jika dibandingkan dengan penyelenggaraan haji pada 2023, jumlah kasus kematian jemaah Indonesia di Arab Saudi pada tahun ini relatif menurun. Tahun lalu, angka kematian jemaah hingga hari ke-16 operasional haji berjumlah 30 orang.

Upaya Pemerintah

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) terus berupaya menekan jumlah jemaah yang meninggal di Tanah Suci pada saat menjalankan rangkaian ibadah haji.

Pemerintah pun mewajibkan para calon haji melengkapi diri dengan surat keterangan sehat sebelum pelunasan biaya haji dilakukan.

Sebab berdasarkan evaluasi tahun lalu, total jemaah haji asal Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci mencapai 773 orang. Jumlah tersebut menjadi yang tertinggi sepanjang sejarah Indonesia memberangkatkan jemaah haji.

Adapun faktor utama kasus kematian ini adalah, tingginya presentase jemaah haji asal Indonesia yang merupakan lansia, ditambah cuaca di Tanah Suci yang juga terik.

“Tahun ini kita evaluasi dengan DPR RI, kemudian pemerintah melakukan langkah-langkah agar jamaah yang meninggal bisa berkurang. Salah satunya dengan mensyaratkan isthithoah atau surat keterangan kesehatan sebelum pelunasan,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Minggu (12/5/2024).

RI Siapkan Fasilitas Kesehatan Haji di Arab Saudi

Data Terkini Jemaah Haji Indonesia 2024 Meninggal di Tanah Suci

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas