DAILY FREE SPIN

DAILY FREE SPIN

Rencana Tarif Impor China oleh Trump Beratkan Masyarakat AS hingga Rp 7,9 Kuadriliun

Rencana Tarif Impor China oleh Trump Beratkan Masyarakat AS hingga Rp 7,9 Kuadriliun

BERITA TERBARU HARI INI – Rencana Tarif Impor China oleh Trump Beratkan Masyarakat AS hingga Rp 7,9 Kuadriliun. Donald Trump, dalam kampanyenya untuk Pemilihan Presiden Amerika Serikat 2024 telah menggembar-gemborkan rencana untuk mengenakan tarif impor lebih lanjut terhadap barang-barang China.

Namun, sebuah organisasi pemikir yang berbasis di Washington DC, Peterson Institute mengingatkan bahwa usulan tersebut dapat memberatkan warga AS hingga setengah triliun dolar per tahun.

Dikutip dari Business Insider, Kamis (23/5/2024) para peneliti di Peterson Institute memperingatkan bahwa pajak impor yang direncanakan Trump bisa menjadi beban besar bagi kelas pekerja Amerika.

Konsumen Dirugikan

Rencana mantan presiden AS untuk mengenakan tarif 10% pada semua impor dapat mengakibatkan kerugian bagi konsumen sebesar hampir 2% dari PDB AS, atau USD 500 miliar (setara Rp. 7,9 kuadriliun) per tahun.

Rencana tersebut akan memberikan dampak yang lebih besar pada rumah tangga berpendapatan rendah, kata para peneliti.

“Sebagai kebijakan fiskal, agenda Trump adalah pemotongan pajak yang regresif, yang hanya sebagian dibayar oleh kenaikan pajak yang regresif. Perkiraan biaya yang lebih rendah bagi konsumen menunjukkan bahwa tarif akan mengurangi pendapatan setelah pajak sekitar 3,5 persen bagi mereka yang berada di negara tersebut,” paparnya.

Para ekonom umumnya sepakat bahwa tarif menaikkan harga pokok pembelian di dalam negeri.

“Hal ini karena pajak atas barang-barang impor sering kali dibebankan kepada konsumen ketika produsen menaikkan harga, mirip dengan ledakan inflasi yang terjadi satu kali,” kata penulis dalam makalah Peterson Institute.

“Berbeda dengan klaim Trump yang sering dan keliru bahwa asing menanggung dampak tarif, para ekonom telah lama memahami bahwa tarif membebani pembeli barang impor dalam negeri,” jelasnya.

Pajak yang Berat

Rencana Tarif Impor China oleh Trump Beratkan Masyarakat AS hingga Rp 7,9 Kuadriliun

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas