DAILY FREE SPIN

DAILY FREE SPIN

Ketahui Efek Samping Berada di Ruangan Ber-AC Selama Berjam-Jam Saat Cuaca Panas

Ketahui Efek Samping Berada di Ruangan Ber-AC Selama Berjam-Jam Saat Cuaca Panas

BERITA TERBARU HARI INI – Ketahui Efek Samping Berada di Ruangan Ber-AC Selama Berjam-Jam Saat Cuaca Panas. Di tengah cuaca yang panas seperti saat ini, air conditioner (AC) memang bisa membuat nyaman dan udara lembap. Namun, penggunaan jangka panjang, terutama di ruang kantor atau di rumah semalaman dapat memengaruhi berbagai aspek kesehatan seseorang. Efek samping dari AC mungkin termasuk masalah kulit dan pernapasan.

Dilansir dari Health Shots, Senin (10/6/2024), penggunaan AC memang dapat memberikan efek sejuk yang sangat dibutuhkan dari panas di luar. Meskipun begitu, ada beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan.

Menurut dokter Dr. Kiran R Dhake, berikut pengaruh AC yang terlalu banyak terhadap kesehatan, di antaranya:

1. Kesehatan pernapasan

Paparan terus-menerus terhadap lingkungan ber-AC dapat memperburuk ketidaknyamanan klinis pada penderita penyakit pernapasan kronis.

  • Kekeringan

Unit AC menghilangkan komponen kelembapan udara yang dapat menyebabkan kekeringan pada lapisan alias selaput lendir alat saluran napas sehingga berpotensi menyebabkan iritasi dan meningkatkan kerentanan terhadap infeksi saluran pernapasan.

  • Fenomena alergi

Jika sistem pengontrol suhu pada unit AC tidak dijaga dengan baik, udara dingin dapat menyebabkan gejala alergi—pilek, bersin, sakit kepala berulang, dan juga dapat memicu penyempitan saluran napas.

Sebab, udara yang sangat dingin, unit AC dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur, jamur, dan alergen lainnya. Hal inilah yang sebenarnya dapat memperparah gejala pada individu yang menderita alergi atau asma, kata pakar tersebut.

Ketahui Efek Samping Berada di Ruangan Ber-AC Selama Berjam-Jam Saat Cuaca Panas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke Atas